Hijriah



Hijriah

            Hijriah adalah sebuah penanggalan yang menggunakan hitungan hari berdasarkan peredaran bulan sehingga dalam pergantian hari dalam setiap harinya terjadi saat tenggelamnya matahari pada waktu setempat. Berbeda dengan penanggalan (kalender) masehi yang pergantian harinya terjadi pada tengah malam waktu setempat.

Sejarah
            Penanggalan hijriah di mulai dari hijrah nya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah atau pada 622M. system penanggalan ini mulai di tetap kan pada masa khalifah Umar melalui musyawarah dengan semua sahabat Nabi  yang membahas 4 usulan gagasan tentang penetapan penanggalan Islam, ke-empat usulan itu ialah
1. Penanggalan dihitung dari mulai kelahiran nabi Muhammad Saw
2. penanggalan dihitung dari mulai wafat nya Nabi Rasullah Saw
3. Penanggalan dihitung dari Rasulullah menerima wahyu pertama di gua Hira
4. Penanggalan dihitung mulai dari tanggal dan bulan Rasullah melakukan hijrah dari Mekkah ke Madinah.
            Usulan pertama, kedua,ketiga di tolak dan usulan terakhir merupakan usulan yang diterima oleh suara terbanyak. Usulan ini diusulkan oleh Ali bin Abi Thalib Ra. Dan akhirnya di sepakatilah agar penanggalan Islam di tetapkan berdasarkan hijrah Rasulullah Saw dari Mekkah ke Madinah.
            Ketika para sahabat sudah sepakat menjadikan hijrah Nabi Muhammad Saw sebagai permulaan Penanggalan (kalender) islam , timbul masalah baru di kalangan mereka tentang permulaan bulan pertama. Ada yang mengusulkan bulan Rabi’ul Awal sebagai awal bulan pertama dalam penanggalan ini yang bertepatan pada hijrahnya Nabi Muhammad Saw dari Mekkah ke Madinah, ada pula yang mengusulkan bulan Muharram sebagai bulan permulaan dari kalender ini. Akhir nya khalifah Umar memutus kan 1 Muharram sebagai awal/permulaan penanggalan hijriah yang bertepatan pada 16 juli 622M. Dengan demikian , antara permulaan hijrah Nabi Muhammad Saw dan permulaan kalender Islam berjarak sekitar 82 hari.

Nama-nama Bulan hijriah

1. Muharram
2. Shafar
3. Rabi’ul Awal
4 Rabi’ul Akhir
5. Jumadi Al-Awal
6 Jumadi Al-Akhir
7. Rajab
8. Sya’ban
9. Ramadhan
10. Syawal
11. Dhu al-Qa’dah
12. Dhu al-hijjah
Previous
Next Post »