Kita Adalah Sales

   

Di Indonesia, pekerjaan sebagai “sales” merupakan pekerjaan yang dapat dikatakan sebagai pekerjaan yang dipandang sebelah mata.

Kenapa Seperti itu?
            Sales yang orang Indonesia kenal adalah orang yang berjualan mengetuk rumah ke rumah lalu membujuk rayu sang pemilik rumah sampai sang pemilik rumah membeli produknya. Dan hasilnya, produk yang mereka tawarkan, yang mereka lebih-lebihkan kualitasnya tidak seperti harapan sang pembeli (pemilik rumah). Itu sebabnya seorang sales dicap sebagai orang yang banyak omong,
pandai berdalih, dan dipandang sebelah mata.

Kita adalah Sales!
            Baiklah, kita akan sedikit meluaskan pengertian sales. Sales adalah orang yang menjual atau menawarkan suatu barang atau jasa kepada orang lain, agar orang lain dapat tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan.
              Lalu bagaimana dengan diri kita yang tidak menyandang profesi “sales” apakah kita disebut seorang sales juga? Tentu!
            Sebagai contoh, saat kita ingin melamar kerja, apa yang kita jual, apa yang kita tawarkan kepada perusahaan agar perusahaan menerima kita ? Pastinya, kita akan mengeluarkan segalam potensi keahlian yang kita miliki. Kita menawarkan keahlian diri kita, jika cocok dengan perusaan yang bersangkutan maka perusahaan akan membeli keahlian kita (dalam arti menerima). Hasil puncaknya adalah perusahaan akan membayar jasa kita.
                  Bagaimana dengan orang yang berwirausaha?
            Sama saja, mereka juga mempromosikan barang atau jasa yang mereka jual. Baik itu kepada konsumen maupun investor.

Kesimpulan
            Kita adalah sales, kita adalah seorang penjual, penjual potensi yang kita miliki, atau penjual barang yang kita hasilkan. Menawarkannya kepada orang lain hingga orang lain tertarik dengan produk yang kita tawarkan.
            Mudah-mudahan tulisanku kali ini dapat menjawab pernyataan teman akun facebook aku. Yang menawarkan suatu pekerjaan praktis bisa dilakukan dimnaa saja. Yang menarik adalah dia menyebutkan “No Sales” sedangkan aku tahu inti dari perkerjaan itu adalah mencari anggota dan menjual produk. You Know Laah ! hahaha.

            Baik lah Terimakasih!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment